Pages

Kenapa harus ber-komunitas dan kenapa harus bloggerIPB

Ada yang tahu tentang bloggerIPB? ada yang pernah dengar? hehehe. BloggerIPB adalah komunitas blogger civitas IPB. Ini adalah satu2nya komunitas blogger yang benar-benar saya ikuti. Bebearapa komunitas blogger lain seperti blogger bertuah, dan blogger bogor juga pernah saya ikuti (pernah daftar) tapi karena tak kunjung di approve jadi saya juga tak kunjung aktif hehe.

Komunitas bagi saya sangat penting. Saya adalah tipe orang yang senang ngumpul-ngumpul, kongkow-kongkow hehe. Tapi bener loh, terlepas dari itu semua komunitas memang hal yang penting. Kita bisa belajar banyak hal dari sebuah komunitas. Tapi tetap saja, sesuatu ada hal positif dan negatifnya, tergantung bagaimana kita menyikapinya.

Saya sudah beberapa kali menulis alasan kenapa saya ngeblog. Kali ini saya akan bercerita tentang alasan kenapa saya bergabung dengan komunitas. Seperti yang kita ketahui, blogging adalah aktivitas yang dilakukan di dunia maya. Suka atau tidak saat ini aktivitas di dunia maya sudah mulai dipandang negatif. Banyak yang mengatakan bahwa aktivitas di dunia maya membuat kita tidak peduli terhadap lingkungan kita. “Yang jauh jadi dekat, yang dekat jadi jauh”. Nah, berangkat dari alasan ini jugalah saya bergabung dengan komunitas. Dengan bergabung dengan komunitas tertentu saya akan tetap beraktivitas di dunia maya plus saya dapat teman baru yang secara nyata saya temui. Ya, kuncinya adalah kopdar (kopi darat). Dengan bertemu secara langsung dengan anggota komunitas maka akan menambah wawasan dan tentu saja menambah teman. Banyak gagasan yang lahir dari sebuah silaturahmi antara penggita dunia maya. Ide-ide yang muncul saat berinteraksi di dunia maya bisa langsung direalisasikan saat bertemu secara langsung dengan sesama anggota komunitas.

Anda juga pasti sudah akrab dengan pepatah bersatu kita teguh dan bercerai kita runtuh. Apa sih yang bisa anda lakukan sendiri? bandingkan jika anda lakukan jika anda bersama-sama. Kita ambil contoh di twitter, mungkin jika anda sendiri yang ngetwit tidak akan merubah apapun atau bahkan dibaca pun tidak. Tapi jika yang ngetwit banyak bisa jadi topik tersebut jadi trending topic yang pasti akan jadi perhatian dunia. Nah, kekuatan di dunia maya ini seharusnya tidak hanya jadi gagasan, tapi harus ada aksi nyatanya, dan dimana lagi anda bisa melakukan ini kalau bukan di komunitas.

Alasan yang terakhir adalah karena di komunitas kita bisa menimba ilmu dengan cepat. Banyak sekali ilmu yang bisa kita dapatkan secara gratis. Banyak sekali orang-orang yang tak terduga yang akan anda temui di komunitas (ini berdasarkan pengalaman pribadi saya). Bahkan suatu pengetahuan yang tidak anda dapatkan di tempat lain akan anda dapatkan di komunitas. Khusus untuk komunitas blogger ada nilai tambahan yang saya harus sampaikan. Dunia internet adalah dunia yang kejam. Bisa saja suatu saat blog anda dihack. Nah, apabila hal ini terjadi (semoga tidak) maka inilah saatnya komunitas nada menunjukkan kekuatannya. Dan yang tak kalah penting adalah traffic (saya tidak mau munafik). Komunitas akan sangat membantu anda dalam meningkatkan pengunjung blog anda.

Banyak sekali manfaat yang bisa kita mabil dari berkomunitas. Tetapi sayangnya tidak gampang mencari komunitas yang benar-benar cocok dengan kita. Saya rasa kita akan lebih nyaman berada di antara orang-orang yang se-ide dengan kita. Berada diantara orang-orang yang mempunyai kesamaan dengan kita. Saya adalah seorang blogger dan saya civitas IPB maka saya bergabung dengan bloggerIPB. Alasannya memang sesimpel itu tetapi asal anda tahu apa yang saya dapatkan dari bloggeripb tidak sesimpel alasan saya. Walaupun saya belum lama aktif di bloggeripb tapi sudah cukup banyak kenangan yang pantas dikenang bersama bloggeripb. Saya tidak akan ceritakan di sini, ada baiknya anda merasakannnya sendiri karena pasti akan anda mempunyai cerita sendiri. So, jika anda blogger dan anda adalah civitas IPB tunggu apa lagi? Lets Join Us

Sengaja saya posting tulisan ini dua kali, biar tersebar luas hihihi.

1 comments:

faizulfikri said...

belum pernah sekalipun ikut kopdar.
:(

Post a Comment

Navigation

Powered by Blogger.

Popular Posts

Labels

Labels

Menu

Blogger news

Blogger templates

Blogger templates

Blogger templates